Monday, March 28, 2011

Informasi Administrasi Siswa Baru 2011/2012


Pembayaran Bulan Juli :

  • Uang pendaftaran lunas
  • SPP bulan Juli
  • Uang gedung Rp. 500.000,- (tahap pertama)

Informasi lebih lanjut hubungi :
SDIT Buah Hati Cilacap (0282) 5509479
HP. 085 227 144 798

Sunday, March 27, 2011

Visi dan Misi

Visi :
 Mewujudkan Sekolah dasar Islam Terpadu percontohan nasional yang mampu menyiapkan dan mengembangkan siswa didik menjadi manusia yang sholeh dan berprestasi.

Misi
 Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, berorientasi mutu, berbasis moral spiritual, keilmuan dan ketrampilan hidup, sehingga mampu melahirkan pembelajar yang sholeh, cerdas dan mandiri.

Peranan Komite Sekolah :
 Komite Sekolah adalah asosiasi atau perkumpulan orang tua siswa, mitra sekolah yang kepengurusannya dibentuk berdasarkan kesukarelaan dan keikhlasan, disahkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.  Fungsinya memenuhi, meningkatkan kualitas sarana/prasarana pendidikan, kesejahteraan guru dan karyawan, memberikan saran-saran terhadap proses belajar mengajar, peningkatan kualitas lulusan dan melakukan berbagai kegiatan yang mendukung program sekolah.

Tenaga Kependidikan


  1. Tenaga guru adalah Sarjana yang berdedikasi dan mendidik dengan penuh kasih sayang.
  2. Konsultan pendidikan
  3. Management Quality Control (MQC) adalah siklus kontrol terhadap kualitas guru melalui kegiatan konsultasi, observasi mengajar dan feed back sehingga dapat menciptakan kreatifitas dan inovasi para guru.

Ciri Khusus Kurikulum

A. Kurikuler
Menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 ditambah 8 – 10 jam pelajaran al Quran setiap pekannya. Kurikulum diarahkan pada paradigma baru dunia pendidikan :
  • Perubahan proses dari teacher talking time  menjadi student talking time . dari teaching kepada learning  dimana fungsi guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber ilmu, lebih dari itu guru lebih berperan sebagai fasilitator, edukator, dinamisator, motivator, katalisator dan evaluator.  Siswa sebagai subyek dengan kegiatan presentasi, diskusi, riset, bermain peran, games, curah gagasan, mendisplai dan ketrampilan memproduksi hasil karya.
  • Penilaian otentik, penilaian proses yang mencakup keseluruhan kompetensi yang telah dipelajari siswa melalui kegiatan pembelajaran (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor)
  • Jika gaya mengajar guru = gaya belajar siswa, maka pembelajaran akan efektif dalam suasana menyenangkan.
  • Memberikan pelajaran praktek ibadah, bahasa Inggris, life skill sebagai muatan lokal.
  • Memulai kegiatan pembelajaran pada jam 07.15 – 14.14 (Senin sampai Kamis) jam 07.15 – 11.00 (Jumat – Sabtu.
B. Ekstra Kulikuler 
  • Keagamaan, yaitu sholat Dhuhur berjamaah, hafalan ayat al Quran, pesantren Ramadhan, Dzikir al Ma’tsurat, Halaqoh for Kids dll
  • Kunjungan edukatif, renang, out bond junior, bakti sosial, fun cooking, english conversation, life skill (berkebun, kerajinan tangan, dll)
C. Penunjang Kurikulum

  • Muroja’ah al Quran, wirid dan dzikir setiap Dhuhur dan doa-doa setiap pagi sebelum masuk kelas, morning motivation, Upacara setiap hari Senin.
  • Peringatan hari besar Islam dan hari besar nasional.
  • Infaq di hari Jum’at, serta market day untuk memberikan kemampuan dasar dan pengalaman berwirausaha.
  • Layanan kesehatan program imunisasi dan pemeriksaan berkala, bekerjasama dengan puskesmas setempat.
  • Gelar prestasi dan penyelenggaraan pentas seni serta tasyakuran wisuda lulus jilid tahsin dan hafidz Qur’an juz 30.
Kegiatan assembly  dan market day sebagai puncak tema diadakan setiap akhir semester.
n
n

Selayang Pandang SDIT Buah Hati Cilacap


Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Buah Hati Cilacap, merupakan Sekolah Islam yang di rancang dengan pola pembelajaran yang Islami dan modern.  Pendekatan pembelajaran menggunakan metode-metode terbaik yang telah digunakan di sekolah-sekolah unggulan.

Manajemen berbasis sekolah (MBS) diberlakukan dengan menggunakan pendekatan TQM (Total Quality Management), yakni perbaikan dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.  Pengembangan dan peningkatan kompetensi guru  menjadi prioritas utama dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang terbaik. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) diperkaya dengan kurikulum muatan lokal untuk memperluas wawasan peserta didik, sehingga mereka tidak hanya memiliki kecerdasan intelegensi, namun juga kecerdasan emosional dan spiritual.

Sekolah dengan desain Islami dan modern berbasis Active Learning menempatkan peserta didik sebagai subyek dan pelaku pembelajaran yang inovatif dan kreatif.  Character building (pembentukan karakter) mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan kepribadian melalui pembiasaan ibadah dan perilaku positif.
 
Powered by Blogger